Selasa, 02 Juli 2013

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Yang Tidak Pernah Kering Walau Kemarau Panjang

Wisata di Gunungkidul sangat beragam. Selain keindahan alam dan panorama wilayahnya, para wisatawan dapat menikmati kesegaran yang terdapat di Air Terjun Sri Gethuk. Dengan air yang sangat sejuk dan segar, anda dapat bermain air sambil menikmati keindahan panorama disana.

Air Terjun Sri Gethuk terdapat di dalam kawasan Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Lokasi Gua Rancang Kencono sangat dekat dengan air terjun ini. Air Terjun ini juga terkenal dengan Air Terjun Slempret.


Menurut cerita, zaman dahulu selalu terdengar suara gamelan milik Raja Jin Slempret, Angga Mendura. Terkadang di malam tertentu, bunyi alat musik tradisional ini akan terdengar, slompret yang diyakini dari arah air terjun itu.

Banyak wisatawan domestik dan luar negeri yang berkunjung ke tempat wisata di Gunungkidul ini. Kebanyakan para wisatawan akan berkunjung ke tempat ini saat cuaca panas, Air Terjun ini selalu memberikan kesegaran, anda dapat berenang dan bermain air dengan keluarga anda disana.

Keunikan yang terdapat di air terjun ini berbeda dengan di tempat lain. Biasanya di tempat lain, musim kemarau akan mempengaruhi arus air dalam air terjun ini, Air Terjun ini malah akan tetap mengalirkan air dengan banyak walau dalam musim yang kemarau panjang.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter. Uniknya lagi, Sri Gethuk mempunyai dua cabang yang terdapat di sela-sela tebing. Air tersebut akan mengalir dengan deras secara terus menerus menuju ke Sungai Oya.

Bersumber dari tiga mata air yang ada di sekitar Sri Gethuk menjadikan air terjun yang satu tidak pernah kering walau dalam keadaan kemarau panjang. Air yang jernih tersebut berasal dari Mata Air Dung Poh, Ngandong, dan Ngumbul. Hal ini juga sangat berguna untuk masyarakat sekitar yang juga mampu memenuhi kebutuhan air bagi mereka.


Selain melihat pemandangan alamnya ditambah dengan kesegaran yang berasal dari Air Terjun Sri Gethuk ini dapat membuat siapa saja yang berkunjung ke salah satu wisata di Gunungkidul ini semakin menikmati pesona alam yang diberikan oleh Sang Pencipta. Dengan air yang jernih dan cukup dingin, sangat mengasyikkan untuk melepas penat di air terjun indah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar