Jumat, 07 Juni 2013

Gunung Penanggungan, Wisata Alam Yang Eksotis Di Mojokerto

Ingin jalan-jalan dengan mendaki gunung, pilihannya ada di Pulau Jawa. Disana ada salah satu gunung yang cocok untuk anda yang ingin melakukan wisata pendakian gunung, salah satunya adalah Gunung Penanggungan di Mojokerto, Jawa Timur.

Gunung Penanggungan ini mempunyai pemandangan alam yang menarik dan unik dengan latar belakang sejarah yang suci. Provinsi Jawa Timur tepatnya di Mojokerto mempunyai pemandangan alam gunung serta obyek wisata alam yang eksotis, yaitu Semeru, Arjuno-Welirang, Bromo, Raung, dan Argopuro.


Selain gunung ini ada juga pada bagian selatan terlihat tampilan gunung yang indah dan menarik untuk dijelajahi dan cocok untuk wisata pendakian gunung. Bagi anda yang suka berpeluang dan menjelajah di pegunungan. Gunung ini memiliki tinggi 1.653 meter yang ada di batas Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto.

Melalui perjalanan dari jalur darat dari Surabaya ke Malang akan melewati dan keluar jalan tol Gempol, anda akan melihat pemandangan Gunung ini yang terlihat pada puncaknya yang tandus di sisi kanan, tampak seperti miniatur Gunung Semeru.

Gunung ini merupakan gunung yang suci bagi kepercayaan masyarakat Jawa kuno. Karena tempatnya adalah tempat untuk kembali suci bagi para pertapa, keluarga dan petinggi kerajaan. Di kaki gunung ada tempat permandian Jolotundo yang telah ada pada tahun 899-977 Masehi dan dulu digunakan oleh keluarga kerajaan Majapahit.

Sekarang Jolotundo masih dapat memberikan air dan digunakan sebagai salah satu wisata pemandian. Masyarakat yang ada disana percaya bahwa air yang ada di Jaladwara (pancuran yang ada di petirtaan Jolotundo) merupakan amerta (air keabadian) yang ada dari gunung Penanggungan yang dianggap sebagai gunung suci.


Dengan alam yang indah dan tenang, anda bukan hanya sekedar suka dan tertarik untuk melakukan wisata pendakian gunung namun anda akan tertarik untuk menjelajahinya. Dengan sejuta harapan, rasa dan keinginan kuat untuk tetap bisa melestarikanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar