Sabtu, 08 Juni 2013

Kuburan Trunyan, Wisata Ekstrim Dan Menyeramkan Di Bali

Jika anda dan keluarga ingin menikmati wisata di Bali dan menghabiskan waktu disana, cobalah tempat wisata yang jauh dari pantai dengan berwisata di Kuburan Trunyan di Bangli. Tidak seperti kuburan yang lain, tidak ada jenazah yang dikuburkan di sini, namun akan banyak tengkorak berserakan di banyak tempat.

Kuburan Trunyan ada di Kabupaten Bangli, Bali dan menjadi tempat unik untuk melakukan wisata di Bali. Tepatnya di bagian sisi Danau Batur yang berdekatan dengan Gunung Batur yang terkenal dengan kalderanya. Berada di kuburan ini, wisatawan harus naik jukung (perahu) dari Dermaga Kedisan.


Jika anda kesan akan terdengar suara gamelan di dekat dermaga kuburan. Hanya ada 2 orang penjaga dan salah satunya memainkan alat gamelan. Wisatawan yang berkunjung hanya akan menulis nama di buku dan memberikan sumbangan uang seikhlasnya.

Di Danau Batur terdapat pohon Trunyan yang merupakan tempat beberapa ancak saji berisi tengkorak. Warga Desa Trunyan yang tinggal disana tidak pernah memakamkan jenazah. Tradisi yang unik karena biasanya masyarakat Bali melakukan ritual 'ngaben', namun mereka akan meletakkan jenazah di atas tanah, ditutup ancak saji dengan bentuk segitiga panjang.

Barang-barang peninggalan si jenazah akan terlihat disana. Ada foto, perhiasan, sepatu, sampai radio dan uang. Walau hanya diletakkan, bau bangkai di Kuburan ini tak akan tercium. Pohon Trunyan atau wangi tadi yang dipercaya menghisap semua bau bangkai. Dulunya ada legenda mengenai keturunan Keraton Surakarta yang menikah dengan penunggu pohon tersebut.

Tidak sembarang jenazah yang dapat diletakkan di sini. Ada beberapa syarat, yaitu memiliki kelakuan yang baik saat hidup dan bukan merupakan korban kecelakaan. Dengan kata lain, orang itu harus meninggal dengan apik sebelum ada di Trunyan.

Tengkorak-tengkorak para jenasah ini yang menjadikannya kuburan paling menyeramkan di Bali. Sangat berbeda dengan kawasan-kawasan wisata yang ramai seperti Pantai Kuta, Seminyak, bahkan Ubud yang penuh persawahan dengan pesona indahnya.


Kabupaten Bangli terletak di bagian tengah-tengah Pulau Bali. Hanya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari Denpasar ke kuburan paling menyeramkan di Bali ini. Kuburan Trunyan bisa jadi tujuan wisata unik dan menyeramkan untuk Anda yang ingin melakukan wisata di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar