Senin, 24 Juni 2013

Wakatobi, Pulau Indah Dengan Keeksotisan Wisata Baharinya

 Di  antara sekitar 17 ribu pulau yang ada di Indonesia, terdapat empat bagian yang ternyata masih satu rumpun yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, serta Binongko. Gabungan dari awal nama pulau-pulau tersebut menjadikan nama kata Wakatobi, yang merupakan nama dalam satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Wakatobi juga dinamakan dengan Kepulauan Tukang Besi. Hal tersebut karena pulau ini masih memiliki para pandai besi yang bekerja dengan tradisional. Namun daerah ini memiliki nilai wisata yang tinggi yaitu wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Dari perhitungan yang didapat terdapat 97 persen dari wilayah pulau ini dengan banyak lautan yang sangat mempesona.


Karena keindahannya wisata bahari di Sulawesi Tenggara tepatnya di pulau ini, bukan hanya di terkenal di tanah air namun juga hingga dikenal luas di mancanegara. Pulau indah di Indonesia ini juga disebut sebagai salah satu tempat dengan beragamnya hayati tertinggi di dunia dan memiliki sekitar 90-an lokasi dive spot atau titik penyelaman.

Selain indah akan lautnya, banyak tempat yang menarik di pulau indah di Indonesia ini. Anda dapat bermain snorkeling atau diving yang ada di Pulau Wangi Wangi atau Wanci. Terletak di dekat dengan Pantai Waha. Pantai ini dapat dikunjungi dengan memakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yakni angkot hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Wanci.

Berkunjung ke pulau indah di Indonesia ini akan melihat keragaman yang bukan hanya dari pantainya namun juga dari kehidupan anak anak di pulau ini. Penduduk disini adalah Suku Bajo. Mereka hidup selaras dengan laut dan menjadi tempat bermain mereka dengan cara berenang hingga menyelam tanpa alat bantuan.

Pantai Waha terkenal dengan kebersihannya. Pantai ini dijaga dan dikelola oleh Waha Tourism Community (WTC) yang dibantu oleh COREMAP dan Pemerintah Kabupaten setempat. Para wisatawan dan penduduk disini juga sama-sama menjaga pantai dari kerusakan karang.

Pihak pengelola Pantai ini menyediakan tenaga pengajar dalam hal ini. Disini juga anda dapat menyewa peralatan snorkeling dan pelatihnya dengan harga Rp.40.000. Terdapat juga jenis kacamata renang unik yang dibuat sendiri dengan nama mata mata yang berbahan dari kayu jati serta kaca tipis dan ban bekas.


Jika anda ingin mengabadikan foto dalam air, pihak pengelola Pantai Waha ini menyediakannya dengan harga Rp 100 ribu per lembar. Salah satu aktifitas terkenal mereka adalah saat ikut terlibat dalam aksi upacara bendera di hari kemerdekaan dan dilaksanakan di bawah air. Wisata bahari di Sulawesi Tenggara tepatnya di Wakatobi sangat indah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar